Senin, 28 Maret 2011

Pentingnya Akidah Islamiyah

Sesungguhnya agama Islam adl akidah dan syariah. Adapun yg dimaksud dgn akidah yaitu tiap perkara yg dibenarkan oleh jiwa yg dengannya hati menjadi tenteram serta menjadi keyakinan bagi para pemeluknya tidak ada keraguan dan kebimbangan di dalamnya. Adapun yg dimaksud syariah adl tugas-tugas pekerjaan yg dibebankan oleh Islam seperti salat zakat puasa berbakti kepada orang tua dan lain sebagainya.

Landasan akidah Islamiah adl beriman kepada Allah malaikat-malaikat-Nya kitab-kitab-Nya para rasul-Nya hari Akhir dan beriman kepada qadar yg baik maupun yg buruk.

Dalilnya adl firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 177 yg artinya Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah hari kemudian malaikat-malaikat kitab-kitab dan nabi-nabi.

Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu itu menurut ukuran. Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan seperti kejapan mata. {Al-Qamar 49-50}.

Sabda Nabi saw. yg artinya Iman adl hendaknya engkau percaya kepada Allah malaikat-malaikat-Nya kitab-kitab-Nya para rasul-Nya hari Kemudian dan percaya kepada qadar yg baik maupun yg buruk. {HR Muslim}.

Pentingnya Akidah Islamiah Pentingnya akidah Islamiah tampak dalam banyak hal di antaranya sebagai berikut.

1. Bahwasanya kebutuhan kita terhadap akidah adl di atas segala kebutuhan dan kepentingan kita terhadap akidah adl di atas segala kepentingan.

Sebab tidak ada kebahagiaan keni’matan dan kegembiraan bagi hati kecuali dgn beribadah kepada Allah Rab dan Pencipta segala sesuatu.

2. Bahwasanya akidah Islamiah adl kewajiban yg paling besar dan yg paling ditekankan. Karena itu ia adl sesuatu yg pertama kali diwajibkan kepada manusia. Rasulullah saw. bersabda Aku diperintahkan utk memerangi manusia sampai mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yg hak kecuali Allah dan bahwa Muhammad adl utusan Allah. {HR Bukhari dan Muslim}.

3. Bahwa akidah Islamiah adl satu-satunya akidah yg bisa mewujudkan keamanan dan kedamaian kebahagiaan dan kegembiraan. bahkan barang siapa yg menyerahkan diri kepada Allah sedang ia berbuat kebajikan maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak mereka bersedih hati .

Demikian pula hanya akidah Islamiah satu-satunya akidah yg bisa mewujudkan kecukupan dan kesejahteraan. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. .

4. Sesungguhnya akidah Islamiah adl sebab sehingga bisa berkuasa di muka bumi dan sebab bagi berdirinya daulah Islamiah. Dan sungguh telah Kami tulis di dalam Zabur sesudah Lauh Mahfuzh bahwasanya bumi ini dipusakai hamba-hambaKu yg shaleh. Sumber Diadaptasi dari Kitab Tauhid 1 terbitan Yayasan Al-Sofwa terjemahan dari At-Tauhid Lish-Shaffil Awwal al-’Aliy Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan.

sumber file al_islam.chm

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More