Senin, 19 April 2010

partisi hardisk di windows vista

Saat membeli laptop beberapa waktu yang lalu, masih ada beberapa masalah yang ada, salah satunya adalah masalah partisi hardisk. Pada saat saya membeli Compaq V3725AU, laptop tersebut sudah dibundel dengan Windows Vista Home Basic dengan 2 partisi di dalamnya. Satu partisi (C) untuk sistem operasi dan satu partisi lainnya (D) untuk recovery jika sewaktu-waktu terjadi crash. Dan kondisi seperti ini sangat riskan terhadap dokumen yang ada di dalamnya. Oleh karena itu saya pun memutuskan untuk membagi partisi C menjadi beberapa partisi, agar dapat dipisahkan partisi yang diisi untuk sistem operasi dan partisi untuk dokumen. Selain itu, saya juga berencana untuk menginstall OpenSuses 10.2 di laptop, jadi saya juga membutuhkan pastisi swap dan ext3. Biasanya saya menggunakan Norton Partition Magic untuk create partisi hardisk. Instalasi Norton Partition Magic di Vista memang berhasil, tapi error ketika dijalankan. Selidik punya selidik, ternyata Norton Partition Magic hanya kompatibel sampai Windows XP saja. Di sini mulai terjadi masalah…

Setelah bertanya-tanya ke Om Gugel, akhirnya saya mendapatkan beberapa alternatif solusi seperti berikut :

* Menggunakan fasilitas Disk Management yang ada di Vista. Menu ini dapat dibuka dengan menekan tombol Start lalu klik kanan Computer dan klik Manage. Kemudian akan terbuka window baru Computer Management.


Cari saja menu Storage, dan sub menu Disk Management. Dari menu tersebut akan terlihat partis-partisi yang ada di hardisk. Jika ingin membagi sebuah partisi, tinggal arahkan pilihan ke partisi yang akan dibagi tersebut, kemudian klik kanan dan tekan Shrink Volume. Namun ternyata dengan Disk Management pun masih belum dapat memenuhi kebutuhan partisi yang saya inginkan.


# Menggunakan GParted LiveCD yang bisa langsung dijalankan tanpa harus diinstal. Untuk source-nya langsung bisa diunduh di sini. Gratis tanpa tapi.. Saya belum sempat mencoba gparted untuk membagi partisi hardisk saya. Meski begitu, secara logika kemungkinan besar akan berhasil, karena ketika sedang membuat partisi dengan LiveCD, hardisk dalam keadaan idle jadi kecil kemungkinan akan mengalami crash.
# Menggunakan Acronis yang sudah kompatibel dengan Vista. Iseng saya mencari di folder kumpulan software yang ada di komputer, ternyata ada installer Acronis. Bagi yang belum punya, bisa langsung diunduh di sini. Saya pun memutuskan mencobanya untuk membuat partisi baru. Bagi yang pernah menggunakan Norton Partiton Magic, pasti tidak akan kesulitan menggunakan Acronis.

Setelah beberapa saat mencoba, akhirnya saya berhasil membagi partisi dan membuat partisi baru untuk dokumen dan juga partisi untuk linux. Fiuhhh…lega.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More